Jaringan Semantik
Suatu network yang disebut dengan network semantik merepresentasikan pengetahuan dalam bentuk graf, dimana simpul pada graf tersebut menunjukkan fakta atau konsep, sedangkan lengkungan menggambarkan hubungan atau relasi antar konsep tersebut.
Jaringan semantic dibangun oleh M.R.Quillian, sebagai model memori manusia. Representasi grafis dari informasi Propositional. Proposisi adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah.
Jaringan semantic merupakan gambaran pengetahuan grafis yang menunjukkan hubungan antar berbagai obiek. Menunjukkan sejumlah lingkaran yang menggambarkan objek dan informasi deskriptif tentang objek‑objek. Objek tersebut bisa merupakan jenis fisik seperti buku, mobil, meja, atau bahkan orang. Node bisa merupakan pikiran, kejadian atau tindakan.
Bentuk Links
1. IS-A (ISA)
Berarti “contoh dari” dan menunjukkan hubungan kelas.
2. HAS-A
Berarti “mempunyai” yang merelasikan suatu kelas menjadi subkelas. HAS-A sering digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik atau atribut objek noda.
3. A KIND OF (AKO)
Berarti :jenis dari” dan untuk menghubungkan satu jenis ke jenis yg lain.
Bingkai (Frame)
Dengan menggunakan representasi network, kita melihat pengetahuan diatur dengan menggunakan penghubung antar obyek dalam basis pengetahuan. Selain itu, kita dapat mengatur pengetahuan ke dalam unit‑unit yang lebih kompleks yang menggambarkan situasi atau obyek yang rumit dalam domain. Unit‑unit ini disebut bingkai (frame).
Frame biasanya digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan stereotype atau pengetahuan yang didasarkan kepada karakteristik yang sudah dikenal yang merupakan pengalaman‑pengalaman.
Dalam bentuk fisik, frame merupakan suatu gambaran seperti "garis besar" yang sudah dikatagorikan dan sub katagori. Hampir semua sistem artificial intelligence terbuat dari kumpulan frame‑frame yang dalam hal ini satu sama lain saling berhubungan. Secara bersama‑sama mereka (frame‑frame) membentuk suatu hirarki yang dapat digunakan untuk maksud penalaran. Untuk menggunakan sistem frame, kita harus membuat program frame itu sendiri dengan menggunakan bahasa pemograman Al.
Skrip (Script)
Skrip (script) merupakan representasi terstruktur yang menggambarkan urutan stereotip dari kejadian‑kejadian dalam sebuah konteks khusus.
Script adalah skema representasi pengetahuan yang sama dengan frame. Perbedaannya ialah, frame menggambarkan objek, sedang script menggambarkan urutan peristiwa.
Dalam mengambarkan urutan peristiwa, script menggunakan serangkaian slot yang berisi informasi tentang orang, objek, dan tindakan‑tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.
Elemen Script
1. Kondisi masukkan
Menggambarkan situasi yang harus dipenuhi sebelum terjadi atau berlaku suatu peristiwa yang ada dalam script.
2. Prop
Mengacu kepada objek yang digunakan dalam urutan peristiwa yang terjadi.
3. Role
Mengacu kepada orang‑orang yang terlibat dalam script.
4. Scene
Menggambarkan urutan peristiwa aktual yang terjadi
Komponen-komponen Script
1. Kondisi entri atau deskriptor dunia sekitar kita yang harus benar agar skrip dapat dipanggil.
2. Hasil atau fakta yang benar begitu skrip diakhiri.
3. Penyangga atau apa‑apa yang merupakan isi skrip.
4. Peran adalah tindakan yang dilakukan oleh partisipan individual
5. Adegan yang merupakan kejadian yang menunjukkan aspek waktu dari skrip
Keistimewaan Script
ü Script menyediakan beberapa cara yang sangat alami untuk merepresentasikan “suatu inforamsi” yang lazim” dengan masalah yang bersumber dari sistem AI dari mula.
ü Script menyediakan struktur hirarki untuk merepresentasikan inforamsi melalui inklusi subscript dengan sript.
Contoh Jaringan semantic, Frame, dan script dari Game Mario Bross
Contoh Jaringan Semantik
Contoh Frame
Frame Game Adventure
Spesialisasi dari : game
Jumlah level : integer (default 1)
Perangkat yang digunakan : platform, portable
Model : 2D,3D
Frame Game Mario Bross Forever
Spesialisasi dari : game adventure
Jumlah level : 8
Perangkat yang digunakan : platform
Model : 2D
Contoh Script
Ø Jalur (track)
Castle
Ø Peran (roles)
Mario atau Luigi (Pahlawan), Bowser(Musuh), Putri Peach (Korban)
Ø Pendukung (prop)
Tower/Castle, Star Coin Signs, Bintang, Jamur, Block, Tiang Bendera, Coin, Bunga Bergigi, Pipa, Awan Jalan, Kura-kura Terbang, dll
Ø Kondisi Masukan :
Berjalan, Melompat, Berlari, Menembak, Berenang
Ø Adegan (scene) 1 :
ù Mario Berjalan
ù Mario Mengambil Jamur
ù Mario Melawan Musuh
ù Mario Mengambil Cin
ù Mario Mengambil Bintang
ù Mario Melompat
ù Mario Berenang
ù Mario Melawan Raja
ù Mario Menyelamatkan Putri
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar